6 Alasan Yang Membuat Kamu Bahagia Tinggal Di Rumah Minimalis

Rumah minimalis atau rumah kecil merupakan rumah yang memiliki desain dan bentuk yang tidak terlalu besar atau luas. Umumnya rumah bali dengan bentuk seperti ini dimiliki oleh pasangan muda yang baru menikah atau seseorang yang belum memiliki pasangan. Hal ini sesuai dengan bentuknya yang kecil yang hanya memuat beberapa orang saja untuk tinggal. Banyak orang memilihnya karena harganya yang cukup terjangkau, namun ada juga beberapa orang yang tidak memilihnya dengan alasan ruangan yang tidak cukup luas untuk melakukan beragam aktivitas di rumah.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Houzz, penelitian ini dilakukan sebuah platform desain rumah kepada lebih dari 6.000 responden, dan hasilnya menyatakan 87% diantaranya mengatakah bahwa desain rumah akan mempengaruhi tingkat kebahagiaan penghuninya, dan 70 % diantaranya juga menyatakah bahwa kebahagian itu akan didapatkan dari kebersihan dan kenyamanan rumah. Menurut survey yang dilakukan diatas dapat disimpulkan bahwa kebahagiaan tidak ditentukan dari besar atau kecilnya ukuran rumah bali yang kamu miliki.

Untuk rumah minimalis sendiri ternyata justru memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri bagi para penghuninya. Bahka para desain interior rumah pun lebih senang mendekorasi rumah mungil, karena biasanya rumah yang besar akan memiliki ruangan yang tidak selalu terpakai sehingga kurang bermanfaat. Untuk memperjelasnya berikut beberapa kelebihan dan keuntungan yang membuat kamu bahagia tinggal di rumah minimalis.


Harga Murah Dan Terjangkau
Mengingat ukurannya yang mungil tentunya akan menghabiskan dana yang cukup mungil juga dibandingkan dengan membeli rumah dengan ukuran yang cukup besar. Selain biaya membeli rumah yang terbilang cukup murah biaya – biaya tagihan atau rutin pun cukup murah. Seperti pengeluaran untuk biaya air, listrik dan pajak. Semakin besar rumah tentu akan memiliki biaya rutin yang cukup besar lagi. Seperti misalnya semakin luas rumah bali yang kamu miliki semakin besar pula pajak yang harus kamu bayar. Begitu pun dengan biaya air dan listrik, biasanya rumah besar akan memiliki banyak ruangan yang perlu untuk diterangi dan banyak kamar mandi yang memerlukan air hal ini tentunya akan mengakibatkan biaya air dan listrik semakin besar.

Mudah Dirawat Dan Dibersihkan
Luas rumah yang tidak terlalu besar memungkinkan kamu untuk membersihkannya dengan cepat. Otomatis tenaga dan waktu yang kamu keluarkan untuk merawat dan membersihkan rumah minimalis pun lebih sedikit. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluakan budget banyak untuk merawat rumah yang kamu miliki.

Sedikit Barang
Memiliki rumah minimalis tentunya tidak diperlukan terlalu banyak furniture dan perabotan untuk ditata dan di simpan di setiap ruangan. Kamu bisa memaksimalkan fungsi dan manfaat dari seluruh perabotan dan furniture yang ada di rumah minimalis. Hal ini juga akan membuat kamu tidak menjadi seseorang yang konsumtif untuk membeli beragam peralatan rumah. Selain itu kamu juga akan dengan mudah dan cepat ketika membersihkan seluruh perabotan dan furniture karena jumlahnya tidak terlalu banyak.

Tidak Repot Menata
Rumah yang kecil membuat kamu lebih mudah dan simple ketika memikirkan ide kreatif untuk menghias rumah. Kamu tidak perlu repot – repot memilih dan menentukan hiasan apa yang dperlukan untuk mengisi tempat yang kosong. Mengingat setiap ruangan harus memiliki fungsi yang maksimal.

Mempererat Hubungan Antar Anggota Keluarga
Luas rumah yang tidak terlalu besar akan memungkinkan banyaknya interaksi social antar anggota keluarga. Karena rumah minimalis akan lebih mudah membuat kamu berpaspasan dengan anggota keluarga yang lain, sehingga hubungan antar anggota keluarga lebih erat. Karena semua anggota keluarga dapat dengan mudah ditemukan hanya dengan mengedarkan pandangan mata.

Menghindari Penumpukan Barang
Kebiasaan hoarding habit atau menumpuk barang akan sangat diminimalisir ketika kamu tinggal di rumah minimalis. Kamu akan merasa sadar diri untuk tidak menumpuk dan menyimpan barang yang tidak berguna lagi di rumah, mengingat ruangan dan besar rumah yang terbatas. Namun jika kamu memiliki rumah besar kamu akan selalu memiliki ruangan untuk menyimpan barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan lagi.

Demikian informasi mengenai alasan – alasan yang membuat seseorang bahagia tinggal di rumah minimalis. Karena kebahagiaan seseorang tinggal di rumah bali tidak ditentukan dari seberapa besar dan kecilnya ukuran rumah tersebut namun seberapa nyaman dan bersihnya rumah yang kamu tempati.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment