4 Seni Tari yang Mengenakan Batik Setiap Pementasannya

Batik

Busana batik memang dikenal penuh karakter. Khususnya dalam pementasan seperti tari, tentunya harus mengenakan batik terbaik Indonesia. Sekaligus untuk mengenalkan keluwesan batik pada para audien. Seni tari memang tidak selalu pakai busana batik. Terutama tarian modern seperti breakdance, misalnya. Sebagai penggemar batik, apakah Anda mengenal 4 seni tari yang selalu berbusana batik ini ?

1. Tari Gambyong
Tari asal Jawa Tengah ini selalu mengenakan busana batik setiap kali naik pentas. Berdasarkan sejarah, tari ini bentuk dari pengembangan tarian sebelumnya yang bernama Tari Tayub. Sementara nama gambyong diambil dari salah satu penari tledek yang kebetulan tengah berpentas di hadapan Sunuhun Paku Buwono IV.

2. Tari Batik Pace
Ditinjau dari namanya sudah kelihatan sekali kalau tarian ini pakai batik. Uniknya, tarian ini dikondisikan untuk memperingati perjuangan pendiri kota Pacitan yang suka makan buah pace atau mengkudu. Dalam peragaannya, tarian ini mementaskan adegan tengah membatik. Biasanya jumlah penarinya terdiri dari 5 orang dan dibagi jadi 2 peran.

3. Tari Serimpi
Nah, kalau tari ini Anda pasti tahu, kan ? Tarian klasik ini berasal dari Yogyakarta. Misinya untuk menggambarkan bahwa Yogyakarta merupakan kota yang sopan, lemah-lembut, dan berhati nyaman. Maka, dipilihlah para penarinya dari golongan wanita berparas ayu mengenakan batik. Batik di sini lebih menonjolkan bagian atasan dan bawahan. Persis orang berkemban.

4. Tari Remo
Jawa Timur sangat terkenal dengan warganya yang gigih dan pantang menyerah. Hampir dalam segala bidang, warga dari Jawa Timur mencapai kesuksesan di atas rata-rata orang Indonesia. Jiwa penuh semangat dan dinamis pun dipentaskan dalam Tari Remo. Busana tarian ini punya ciri khas penggunaan batik pada sarung dan selipan keris di belakang badan.

Tarian-tarian di Indonesia mayoritas dipentaskan oleh para wanita. Kenapa harus wanita ? Secara bentuk tubuh, wanita memiliki kelenturan dibandingkan dengan lelaki. Mereka juga punya jiwa pada setiap gerakan tarian. Hal inilah yang sejalan dan sepandangan dengan batik yang biasanya punya makna dalam setiap motif. Luar biasa memang kekayaan budaya milik Indonesia. Kalau bukan kita yang jaga, siapa lagi ?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment