Begini Cara Membedakan Sepatu Adidas yang Asli dan Palsu

Siapa sih yang tidak kenal sepatu Adidas ? Sepatu olahraga ini memiliki kualitas yang baik dan desain yang trendi. Akan tetapi, banyak beredarnya sepatu merek ini yang KW atau palsu, membuat Anda harus berhati-hati saat membelinya. Mari simak ulasan mengenai cara membedakan jenis sepatu yang asli dan palsu.


1. Cek Kode Internasional dari Sepatu
Hal paling dasar dan mudah sebagai indikator keaslian sepatu merek Adidas adalah dengan melihat kode internasional yang terdapat pada sepatu. Sepatu Adidas yang asli selalu memiliki kode internasional yang terdiri dari 6 digit, terdiri dari 1 digit alphabet dan 5 digit numerik. Kebanyakan sepatu kodenya diawali dengan huruf G, Q, V, dan U.

Nah, Anda bisa menemukan kode internasional ini pada 3 tempat yakni, pada boks sepatu, price tag, dan bagian dalam sepatu. Kode ini harus sesuai dan konsisten di 3 tempat tersebut. Anda juga bisa mengecek validitas kode internasional melalui google. Caranya, klik google gambar, kemudian ketik “sepatu adidas” + [kode internasional].

2. Informasi Antara Tag dan Boks Sepatu Konsisten
Jika kode internasional yang sudah Anda cek di Google sudah valid, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membandingkan informasi yang ada di tag dalam dengan boks luar sepatu. Informasi yang diberikan antara tag dan boks sepatu tersebut harus sesuai, mulai dari nomor barcode EAN, nomor PO, deskripsi produk, family produk, dan size sepatu. 

3. Periksa Informasi pada Lidah Sepatu
Coba ambil lidah sepatu milik Anda, dan perhatikan baik-baik informasi yang terdapat pada kedua lidah sepatu. Sepatu merek Adidas yang asli biasanya memiliki kode pembeda antara sepatu yang bagian kanan dan kiri. 

Sedangkan untuk sepatu merek Adidas yang palsu, biasanya tidak memiliki perbedaan dalam kode yang membedakan antara sepatu bagian kiri dan kanan. Hal ini dikarenakan manufacturer yang membuat sepatu KW tidak akan menghabiskan waktu untuk membuat detail seperti itu. 

4.  Periksa Kode Size
Sepatu yang asli biasanya menggunakan size UK, meski pada tiap pasangnya juga terdapat ukuran US, China, Eropa (FR/F), Jepang, atau Indonesia mengikuti penomoran size sepatu Eropa (FR/F). Hal ini jika dikonversikan ke ukuran sepatu Indonesia, maka membuat angka ukuran tidak bulat. Misalnya, ukuran 39,5.

Nah, jika Anda menemui ukuran sepatu merek Adidas ini dengan konversi nilai ukuran bilangan bulat, maka perlu dicurigai. Perlu diingat, konversi ukuran sepatu UK naik setengah nomor. Sementara itu, size Euro biasanya naik dua per tiga.

5. Periksa Kondisi Fisik
Hal yang paling mudah untuk mengecek apakah sepatu merek Adidas yang akan Anda beli asli atau palsu adalah dengan melihat tampilan luarnya. Sepatu yang asli memiliki kualitas terbaik, dengan bahan yang baik pula. Jahitannya pun rapi dan konsisten.

Sedangkan untuk produk sepatu yang palsu biasanya menggunakan bahan pembuat sepatu yang keras, kaku, dan kurang lembut. Saat dipakai pun rasanya kurang nyaman. Jahitan pada sepatu yang palsu biasanya tidak rapi, dan tidak konsisten. Maka dari itu, Anda harus benar-benar jeli saat akan membeli jenis sepatu ini agar tidak tertipu dengan produk yang palsu. 

Nah, itu dia ulasan mengenai cara membedakan sepatu Adidas yang asli dan palsu. Bagi Anda yang ingin membeli sepatu merek Adidas dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik, serta original, Anda bisa membelinya di Blibli. Yuk, belanja di blibli.com sekarang juga ! 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Artikel lainnya

Perbedaan Spesifikasi Yamaha New Vixion dengan Vixion R

Seringkali dalam memilih sepeda motor yang akan dibeli, Anda kebingungan dalam memilih tipe terbaiknya. Apalagi untuk tipe Yamaha Vixion y...