7 Kebiasaan yang Merusak Ginjal Namun Sering Dilakukan

Ginjal adalah organ penting bagi tubuh karena perannya yang sangat besar seperti memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah dan lainnya. Namun, tanpa disadari, seringkali Anda melakukan kebiasaan yang merusak ginjal. Tentu saja ini akan berakibat buruk pada kesehatan Anda ke depannya. Apa saja kebiasaan yang seharusnya dihindari itu ?


1. Menahan Buang Air Kecil
Mulai sekarang, hentikanlah kebiasan menahan buang air kecil. Kebiasaan buruk yang satu ini membuat urin tetap berada di kandung kemih dalam jangka waktu yang lama sehingga bakteri bisa berkembang dengan pesat. Bakteri ini memiliki andil besar dalam menyebabkan infeksi ginjal. Selain itu, juga bisa membuat terjadinya inkontinensia urin.

2. Duduk Terlalu Lama
Anda punya kebiasaan menghabiskan berjam-jam dalam sehari duduk di kursi tempat kerja ? Kalau iya, sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang juga! Kebiasaan tersebut hanya akan membuat ginjal Anda tertekan. Cobalah untuk berdiri dan melakukan aktivitas lain setidaknya satu jam sekali. Dengan begitu, ginjal Anda akan lebih sehat jadinya.

3. Olahraga yang Berlebihan
Olahraga memang bagus untuk tubuh. Namun, jika berlebihan, tidak bagus juga ! Olahraga yang berlebihan dan terlalu lama hanya akan membuat Anda mengalami rhabdomyolysis. Keadaan ini seperti menyebabkan otot kamu terluka dan isi dari serat mati mengalir langsung ke aliran darah. Akibatnya? Kamu bisa mengalami komplikasi sekaligus gagal ginjal !

4. Kurang Minum Air Putih
Kebiasaan ini juga sering dilakukan. Padahal, sebenarnya kebiasaan ini benar-benar tak baik. Agar ginjal Anda bekerja dengan baik, minumlah banyak air putih. Air putih akan menghilangkan natrium dan racun dalam tubuh melalui urin. Kalau kekurangan air putih, maka yang terjadi adalah penumpukan zat itu. Ujungnya, Anda akan mengalami batu ginjal.

5. Tidak Cukup Tidur
Kebiasaan yang merusak ginjal lain namun sering dilakukan adalah tidak cukup tidur. Istirahat yang cukup sangat penting untuk tubuh, termasuk ginjal. Siklus tidur manusia mengatur fungsi ginjal dengan baik. Sebab, ketika Anda tidur, organ ini akan memperbaharui dirinya. Jika Anda kurang tidur, proses pembaharuan inipun akan terganggu.

Tak hanya itu, waktu tidur yang tak cukup juga bisa menyebabkan terjadinya aterosklerosis atau pengerasan dan penyumbatan arteri. Kalau sudah begini, tekanan darah Anda akan tinggi dan tentu saja akan membebani kinerja ginjal. Bila hal ini terus terjadi dalam waktu yang lama, ginjal Anda akan mengalami kegagalan.

6. Sering Minum Minuman Bersoda
Minum minuman bersoda adalah umum untuk generasi sekarang ini. Padahal, menurut banyak penelitian, minum soda setiap hari bisa menurunkan fungsi organ ginjal. Tak tanggung-tanggung, penurunannya sangat signifikan. Hal ini juga bisa membuat Anda mengalami gagal ginjal.

7. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam dan Gula
Konsumsi garam dan gula berlebih nyatanya juga bisa mengakibatkan ginjal Anda bermasalah. Mengonsumsi makanan yang mengandung garam dan gula terlalu banyak akan membuat ginjal Anda bekerja terlalu keras. Sebab, garam dan gula mengandung natrium dalam jumlah yang sangat tinggi.

Kelebihan natrium inilah yang dicoba ginjal untuk dinetralisir. Selain itu, mengonsumsi garam dan gula berlebihan juga bisa meningkatkan risiko darah tinggi dan obesitas serta diabetes. Kalau sudah begini, ginjal pun akan makin kerja keras. Direkomendasikan, Anda bisa mengonsumsi garam 0,75 sendok teh per hari dan gula 6-9 sendok teh per hari saja.

Nah, sudah tahu berbagai kebiasaan yang merusak ginjal namun tanpa sadar sering Anda lakukan, kan ? Oleh sebab itu, hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga! Kalau tak bisa, paling tidak kurangilah. Bila Anda terus melakukan semua hal itu dalam waktu yang lama, berarti Anda siap untuk mati muda! Mau ?

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Artikel lainnya

7 Kebiasaan yang Merusak Ginjal Namun Sering Dilakukan

Ginjal adalah organ penting bagi tubuh karena perannya yang sangat besar seperti memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah dan la...